Sabtu, 14 Maret 2015

Kenapa Ketika Olahraga Tidak Dianjurkan Pakai Make-up?

Kenapa Ketika Olahraga Tidak Dianjurkan Pakai Make-up?
Kosmetik atau make-up adalah zat perawatan digunakan untuk meningkatkan penampilan atau bau tubuh manusia. Mereka umumnya campuran senyawa kimia, beberapa yang berasal dari sumber-sumber alam dan banyak yang sintetis. Kosmetik atau make-up dimaksudkan untuk diterapkan pada tubuh manusia untuk membersihkan, mempercantik, mempromosikan daya tarik atau mengubah penampilan tanpa mempengaruhi struktur tubuh atau fungsi.

Dan wanita umumnya tidak bisa lepas dari yang namanya make-up. Berdandan seolah sudah menjadi kebutuhan bahkan ada yang menolak pergi keluar rumah tanpa menggunakan make-up. Tak jarang juga wanita yang merias diri sebelum pergi fitnes atau olahraga lainnya. Penggunaan make-up saat beraktivitas bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit.

Baca juga: [Efek Menggunakan Cream yang Tidak Aman]

Memakai make-up sebenarnya tidak terlalu berguna ketika Anda berolahraga karena sesaat setelah kulit berkeringat, riasan akan langsung luntur. Bahkan ketika Anda memakai maskara waterproof, akan tetapi meninggalkan bekas kehitaman di bawah mata karena keluarnya keringat biasanya akan bercampur dengan minyak dikulit.

Selain kurang berguna, memakai make-up tebal saat olahraga juga tak baik untuk kulit. Ketika melakukan aktivitas fisik yang intens, Anda akan banyak berkeringat dan pori-pori terbuka. Dengan memakai riasan yang tebal akan menghalangi kulit untuk bernapas dan menyebabkan timbulnya jerawat bahkan iritasi.

Baca juga: [Senam Aerobik akan Semakin Sehat dan Bugar]

Memakai make-up ke tempat olahraga seperti areobik atau gym adalah hal terburuk yang bisa Anda lakukan terhadap kulit. Keringat yang keluar bersama minyak kulit, ditambah partikel make-up akan menyebabkan komedo, jerawat, kusam dan alergi. Akan menimbulkan bintik-bintik putih yang disebut milia.

Sebaiknya sebelum berolahraga usahakan untuk menghampus terlebih dahulu make-up dengan sabun muka. Gunakanlah pembersih yang tidak membuat kulit kering dan berbahan dasar air bukan minyak.

Namun wanita, tentunya tidak ingin wajahnya benar-benar polos tanpa riasan make-up. Disarankan untuk memfokuskan riasan pada alis, Anda bisa merapikan rambut-rambut alis yang berantakan lalu menyikatknya dengan pensil alis atau maskara alis (sesuai selera).

Agar bibir tampak merah merona alami, Anda bisa mengulaskan lip tint warna pink atau merah cherry. Lip tint teksturnya seperti air, ringan di bibir juga tahan lama sehingga tepat untuk digunakan saat beraktivitas fisik yang berat.

Pelembab sebaiknya tidak perlu digunakan sebab juga tidak akan terserap oleh kulit karena keluarnya keringat. Namun pengecualian jika Anda berolahraga di luar ruangan, penggunaan sunblock diperlukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Anda mungkin bisa lebih fokus dengan tatanan rambut jika tetap ingin tampil menarik di tempat aerobik atau gym. Ikat rambut ke belakang dengan model kuncir kuda atau bisa menggunakan jepit rambut.

17 komentar

ow gtu toh ternyata ,,,,
tpi mash bnyk tuh klo yg sy liat pada olahraga ,,, makeup nya tebel ,,,hehehe

ternyata kalau olah raga dianjurkan untuk tidak menggunakan make up ya wid. saya juga baru tau kalau pake make up bisa menyebabkan komedo, jerawat, kusam dan alergi. Akan menimbulkan bintik-bintik putih yang disebut milia. tapi saya juga sering kalau jogging subuh minggu menemukan ibu-ibu yang pake make up, mana menor lagi tampilannya. gak meching banget. ok makasih infonya.

Memang sebaiknya kalo mau olah raga itu ga usah pke make up ya mbak. karena percuma juga, pada akhirnya tuh make up bakal luntur sama keringet.

Wah ternyata efeknya tidak baik ya

Duh masak olahraga full make up ya hehehe, kan mau keringetan, jadi pori2nya biar kebuka yak hehehe

Lagian saat pake make up terus berolaraga, makeupnya juga luntur oleh keringat mba, jadi percuma juga :)

Aku sebenernya agak aneh sih klo ngeliat cewe yg make make-up'nya agak too much... kalo bisa lebih suka ngeliat cewe tanpa make-up... yg penting rambutnya nggak berantakan aja :)

Bener juga mbak, olahraga pake make up malah kesannya risih (aneh) mending natural aja. Biar keringat di kulit bisa keluar tanpa hambatan :)

Ngapain pakw make up kalau mau olah raga, emangnya mau kondangan.....kikikiki, makw up kan bahan kimia

Iya bener ya, Wid.. Soalnya kan waktu kita berolahraga, pori-pori kulit terbuka.. Takutnya kandungan kosmetik malah terserap dalam tubuh :(

Terima kasih tips nya..
Setakat ini memang tidak ber make up jika berolah raga. Pelembab juga tidak boleh ya? soalnya kulit agak kering...huhu

@Fiu : Hmm iya kadang manusia udah tau dampaknya tapi tetep aja di jalanin x_x

@Dinan : Ibu-ibu itu tujuan utamanya bukan untuk olahraga kali mbah kalo pake make up tebel-tebel :D

@Abdur : Iya kalau mau olahraga pake pynocare sunblock aja biar menjaga kulit dari sinar matahari kalo olahraga out dorr hehehe

@Asep : Sangat tidak baik

@Salman : Tapi masih aja ada orang yang olahraga pake makeup xixi

@Fadly : Iya percuma banget mas

@Ferdinand : Tanpa makeup, polos banget dong hehe

@Aditya : Setuju tapi pake krim biar ga polos-polos banget

@Daniel : Iya suka salah-salah aja nih orang-orang x_x

@Beby : Nah itulah takutnya pake maeup ketika sedang olahraga, duh!

@Fidah : Pakai pelembab yang bisa melembabkan kulit aja mba kalau tidak mau polos banget wkt olahraganya jangan berlebihan gitu (y)

wahh iya iya bener juga, tapi aku kl olahraga kan pasti pulang kantor tuh.
jadi nggak pernah sempat hapus makeup, langsung ganti baju cuss class Yoga.

Tapi untuk pemakaian makeup ku sendiri sih nggak berat Wid, kl sehari2 dikantor cuma pakai bedak tabur, bukan bedak padet. Tambahannya just alis, maskara, eyeliner dan lipstik #banyakyahh hahahaa..

Baiknya gmn dong?

ia betul banget tu mbak, :)

gitu ya, bisa2 malah baju jadi kotor campur keringat dan makeup.
tapi saya kira, biar tidak menggoda kaum adam yang juga sedang OR.hehe

klo pake make up mau ke mall namanya..wida

@Keke : Iya aku juga sama pulang kerja langsung cus kelas aerobik, tapi ga lupa bawa tisu basah hehe

@Media : Karena berbahaya juga sih..

@Ilmu : Yang pake make up tebel-tebel mau olahraga tau mau kondangan ya wkwk

@Wahab : Kerja juga pake makeup :P

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon