Senin, 02 Maret 2015

Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

Memilih Shampo Sesuai Jenis Rambut

Rambut adalah mahkota bagi perempuan, namun seringkali rambut memiliki masalah yang membuatnya tidak enak dilihat seperti rambut kering, berminyak dan berketombe.

Shampo tak hanya berfungsi untuk mencuci rambut, namun juga berguna untuk menyehatkan dan merawat rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu pastikan memilih shampo yang tepat sesuai jenis rambut.

Baca juga: [Cara Menangani Keluhan pada Rambut]

1. Rambut Kering

Bagi Anda yang memiliki rambut kering, pilihlah shampo yang mengandung essential fatty acids. Formula tersebut mengandung ekstrak pelembab, manfaatnya tentu untuk menjaga kelembaban rambut. Kadar asam (acidity) pada shampo juga harus diperhatikan, seperti halnya pH rendah. Sebab, shampo dengan pH tinggi akan menyebabkan kulit rambut terbuka, sehingga akan hilang kelembaban alaminya.

Baca juga: [Akibat Terlalu Sering Mencatok Rambut Menjadi Rusak]

2. Rambut Berminyak

Lalu, bagi yang memiliki rambut berminyak pilihlah shampo yang mampu membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala Anda. Formula shampo yang bermanfaat untuk mengurangi dan membersihkan minyak pada kepala adalah untuk mengurangi lepek dan kusam. Untuk rambut berminyal pilihlah kondisioner dengan kandungan minyak lebih sedikit untuk mengurangi dan menstabilkan minyak yang ada pada rambut.

3. Rambut Berketombe

Dan apabila Anda memiliki rambut yang jenis berketombe sebaiknya pilihlah shampo dengan formula anti-dandruff atau anti ketombe. Shampo jenis ini mampu membersihkan kepala secara efektif dan menghilangkan ketombe.

Demikian tips atau ulasan tentang memilih shampo sesuai jenis rambut kalian. Dan semoga dengan adanya artikel-artikel tips seperti ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya. Rawatlah rambutmu karena rambut adalah mahkota yang paling berharga bagi setiap wanita maupun laki-laki, so percantiklah rambutmu.

12 komentar

Wah, gue nggak pernah beda bedain shampoo.... Hahaha, asal nyaman aja dirambut sih yaa itu yang dipake...

Saya kira satu jenis shampo bisa berguna untuk ke 3 masalah rambut seperti ketombe rambut kering dan berminyak. terkadangs aya suka gatel gatel kalo salah pakai shampo, mungkin masalahnya ada di jenis shamponya ya mba...Ada gak 1 shampo bisa mengatasi 3 masalah rambut seperti diatas?

Kalau bicara rambut istriku paling suka artikel ginian mbak..hehe.. Makasih sharenya ya

pakai shampo rambut itu kayaknya cocok cocokan ya mbk, saya pernah gonta ganti rambut, eh gatal di kepala, rambut jadi kering. sekarang saya suka pakai shampo yang kalau dipakai itu rambutnya jadi wangi harum. Oya, kalau sering pakai shampo itu sebenarnya bikin rambut hitam atau malah kering mbk? saya kalau sering pakai, malah rambut jadi merah, kering kayak kurang gizi, jadinya saya pakai minyak rambut atau condisioner biar terlihat basah (cool).hehe

@Wahyu : Tapi kalau tidak disesuaikan bisa menimbulkan ketombe lhoo

@Achmad : Ada, kalau mau beli shampo baca-baca dulu kegunaannya untuk rambut bagaimana, suka ada ko.

@Masfarhan : Langsung sampaikan ke istinya deh :D

@Ilmu : Minimal untuk keramas 2/3 hari sekali. Nah kalau untuk pemakaian lebih dari itu mungkin akan berefek ke rambut jadi seperti itu (kering) kalau ingin rambut hitam coba pakai shampo yang formula urang-aring dan kondisioner itu untuk melembutkan.

Thanks infonya Mbak Ai.
Rambut saya panjang dan agak kering, jadi saya coba deh tipsnya dalam memilih shampoo.

@Rinie : Sama-sama, cobain dengan pemakaian kondisioner agar rambutnya lebih lembut.

alaah rambutku ga ada ketombe, maaf yah rambutku cuman ada kuar aja :D

artikelnya pas kali buat aku kak :D udah sering gonta ganti shampo akhirnya nemu yang pas

@Sulis : Bagus, jangan gonta ganti terus nanti tumbuh ketombe dan rambut jadi rusak hehehe

Aku pakeknya shampoo yang untuk bikin rambut jadi lembut.. :D

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon