Jumat, 20 Maret 2015

Kenali Penyebab Umum Tubuh Mudah Lelah

Kenali Penyebab Umum Tubuh Mudah Lelah
www.esensi.co.id

Merasa sudah cukup istirahat dan makan, tapi kenapa tubuh cepat lelah? Makan dan istirahat cukup saja belum cukup untuk mengatasi kelelahan. Ada beberapa sebab lainnya kenapa Anda jadi cepat merasa lelah. Kelelehan bisa saja disebabkan kejenuhan dan tekanan secara psikis. Rasa yang tiba-tiba dan berlebihan juga bisa jadi gejala dari suatu penyakit. Ini dia penyebab paling umum terjadinya kelelahan..

1. Kurang Asupan Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi menjaga aktivitas sel darah merah yang mengalirkan oksigen di dalam darah. Kadar vitamin B12 rendah membuat tubuh lunglai dan tak bergairah. Kondisi ini juga menyebabkan perut mulas-mulas. Jika terlalu lama dibiarkan, akan timbul kesemutan di tangan dan kaki, kurang keseimbangan daya ingat menurun dan kebingungan. Dan vitamin tersebut dapat di dapatkan pada hewani, seperti susu, telur, daging dan ikan.

2. Depresi atau Stres

Kelelahan adalah salah satu penyebab yang dapat jadi depresi. Sekitar 12 juta orang dewasa di dunia menderita depresi. Pada wanita, resiko depresi bisa lebih tinggi hingga 20% dibandingkan pria. Untuk mengatasinya, sempatkanlah liburan, terapi dengan aroma spa atau berolahraga.

3. Kurang Cairan

Jika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidarasi, bisa berakibat terhambatnya seluruh kerja organ dalam tubuh manusia. Akibatnya, cadangan tenaga dalam tubuh berkurang dan menyebabkan proses kinerja organ terganggu. Kondisi ini menyebabkan gejala tubuh lemas dan kelelahan. Cukupi asupan cairan tubuh, Anda bisa mencukupinya dengan minum 8 gelas air sehari, mengkonsumsi sayur serta buah yang tinggi kandungan air dan serat. Serat berfungsi meningkat cairan sehingga asupan air bertahan lebih lama di dalam tubuh.

4. Diabetes

Tubuh mudah lelah sering dialami penderita diabetes. Penyebabnya, ketika kadar gula dalam darah tinggi, glukosa secara otomatis akan terbuang dari tubuh lewat urin. Akibatnya, sel-sel tubuh kekurangan energi yang membuatnya tidak bekerja dengan semestinya.

Penderita diabetes mudah haus, menyebabkan dia banyak minum air. Kondisi ini membuatnya selalu ingin buang air kecil, terutama di malam hari sehingga aktivitas tidur pun terganggu. Kurang tidur juga bisa memacu kelelahan.

Bagi penderita diabetes, sangat penting memeriksa kadar gula dalam darah secara berkala. Jaga asupan makan Anda, olahraga secara teratur dan jalani pola diet yang tepat. Mulai juga dengan menurunkan berat badan berlebih dan menjauh minuman soda.

11 komentar

ooo... jadi bukan hanya sebab tak cukup tidur ya

Thanks banget buat infonya....
Oh ya blog anda sudah saya follow. Silahkan follow jugablog saya ya :)

iya ya, kalau lelah melulu padahal cukup rehat perlu diwasapadai ya

Saya pernah dengar kalau banyak Minum tapi juga banyak mengeluarkan air SENI itu katanya kena DIABETES. BEnar kah?

wah emang bener, klo kita stress bisa loyo kita, keren artikelnya mba, sippppdah

Aku lebih ke kurang cairan deh kayaknya nih Mbak. Kalau jam kuliah gitu dari pukul 07.00 sampai 14.00 pasti lupa minum :'

ini yg saya rasakan sekarang, mungkin itu penyebabbnya

@Nurul : Iya, penyebab lain juga bisa memacu tubuh mudah lelah hehe

@Roli : Oh, nanti ya :)

@Dewi : Waspada dan bisa diatasi dengan suplemen ginsomin mba :D

@Asep : Mungkin saja, asal bisa mengatur pola hidup yang sehat saja. Insyalloh bisa terhindarkan :)

@Hafalan : Makanya banyak-banyakin istirahat deh :D

@Febri : Bawa air minum botol aja simpan dalam tas nanti sewaktu2 kalau haus bisa minum air yang dibawa, hehe

@Wong : Coba istirahatkan mas (y)

saya juga sekarang mudah lelah, mungkin sudah menjelang tua ya

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, tubuh saya terkadang lelah juga, harus banyak minum air putih :)

pantes jadi gampang lelah, kurang semuanya.. :|

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon