Jumat, 13 Maret 2015

Tanda-tanda Liver Bermasalah

Tanda-tanda Liver Bermasalah

Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya dibawah diafragma. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat eksresi. Hal ini dikarenakan hati membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawanya yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi. Untuk itu Anda perlu memperhatikan lebih terhadap tanda-tanda kerusakan hati sebelum bertambah parah. Dan ini ada beberapa tandanya, contohnya sebagai berikut.

1. Mata Terlihat Lelah

Gangguan fungsi hati dapat mengakibatkan kulit rusak dan terlihat lelah. Hal ini dapat terlihat melalui kantung mata yang hitam seperti ketika Anda kurang tidur.

2. Gangguan Pencernaan

Jika hati Anda tertutup lemak, Anda tidak akan mampu mencerna air. Ketika Anda sering memiliki masalah pencernaan ringan, seperti susah buang air, sakit perut atau tidak nafsu makan. Sebaiknya Anda hati-hati, siapa tahu itu gejala kerusakan pada liver.

Baca juga: Tips Menjaga Jantung Tetap Sehat

3. Warna Kulit Berubah

Perubahan warna kulit terjadi jika Anda mengalami kerusakan hati. Kadang-kadang kulit juga akan kehilangan pigmentasi dan memiliki bercak putih yang disebut bintik liver.

4. Warna Urin Berubah

Perhatikan warna urin dan kotoran Anda. Jika berwarna gelap, kemungkinan Anda menderita dehidrasi. Namun jika hal ini berlangsung teru- menerus, mungkin hati Anda tidak lagi berfungsi baik.

Baca juga: Rumus Lengkap untuk Perlindungan dan Penyembuhan Liver

5. Mulut Terasa Pahit

Hati menghasilkan enzim empedu yang terasa pahit. Jika mulut Anda sering terasa pahit, ada kemungkinan Anda sedang merasakan enzim empedu karena liver yang bermasalah.

6. Ukuran Perut Membesar

Kadang-kadang, hati akan membesar akibat infeksi atau kerusakan. Jika kondisi ini tidak segera diatasi perut Anda terutama daerah sekitar pusar akan ikut membesar.

Demikian penjelasan dan pengetahuan tentang liver yang dapat saya ketahui dan yang dapat saya share pada hari ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sudah membacanya. Kalau ada salah-salah kata dan ulasannya mohon beritahu saya karena sangat berarti, terima kasih sudah membaca :)

9 komentar

enam poin ciri-ciri liver bermasalah wajib saya ketahui banget nih, sambil mlirik pada perutku yang mulai membuncit, dan lalu terlintas...apakah perut ini sebagai pertanda liver....jangan ya Allah...jangan.
sehatkanlah dan jauhkan saya dari sakit liver.... ya Allah.

artikelnya bagus, selalu membahas kesehatan.terimakasih infonya..

ukuran perut membesar tanda2 liver ya...atut :(

makasih infonya. mudah2an liverku gak bermasalah. kalo bisa request tlg post artikel tentang kesehatan reproduksi wanita.

Seharusnya tanda tanda awal ini harus diperhatikan betul2...supaya dapat dilakukan pengubatan awal sebelum menjadi lebih serius..
Terima kasih infonya Miss Ai

Semoga kita jangan sampai kena penyakit liver ini..

@Cilembu : Mungkin karena kebanyakan makan itu mang wkwk

@Hendri : Artikel kamu juga bagus selalu membahas tentang segalanya :D

@Dwiex'z : Keciliin deh xixi

Fidah : Iya banget mba, untuk masalah kesehatan harus sangayt protek (y) sama-sama :)

@Nandar : Amiiiiin

Itu yang secara umum ya? warna kulit itu berubahnya sejauh apa ya?

Banyak sekali akan tanda2 penyakit liver ini ya, semoga kita slalu diberi kesehatan dan terhindar dari berbagai jenis penyakit

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon