Selasa, 31 Maret 2015

Apakah Insomnia Bisa Mengurangi Daya Ingat?

Apakah Insomnia Bisa Mengurangi Daya Ingat?
forum.kompas.com

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Penderita mengalami kesulitan untuk tidur atau sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan. Awal proses tidur pada pasien insomnia mengacu pada latensi yang berkepanjangan dari waktu akan tidur sampai tertidur.

Saat kamu mengalami insomnia dan kurang tidur, ternyata kamu akan mengalami gangguan ingatan dan konsentrasi. Rasa lelah  pun juga akan muncul saat kamu beraktivitas pada keesokan hari. Penurunan daya ingat ini akan diawali dengan gangguan konsentrasi yang pada akhirnya bisa membuatmu lupa terhadap hal-hal kecil yang terjadi dalam waktu dekat.

Ternyata bukan hanya kuantitas atau waktu tidur yang mempengaruhi  daya ingat manusia, tapi juga soal kualitas tidur, meskipun kamu tidur sekitar 8 jam, namun sering terbangun selama tidur, ini artinya kamu nggak memiliki tidur yang berkualitas.

Cara Mengobatinya

Pengobatan insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia. Orang tua yang mengalami perubahan tidur karena bertambahnya usia, biasanya tidak memerlukan pengobatan, karena perubahan tersebut adalah normal.

Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur, cahaya yang redup dan tidak berisik.

Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi.

Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu. Alternatif lain untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan adalah dengan terapi hipnosis atau hipnoterapi.

23 komentar

Insomnia sudah seperti hal yang lumrah bagi saya, ternyata bisa bikin daya ingat berkurang ya :'( OMG

buat olah raga dulu mungkin ya, sehingga badan jadi agak capek, kemungkinan jadi bisa tidur awal.hehe

wah kalau sampai daya ingat selalu dan terus berkurang bisa jadi blank deh kita.

sekarang saya sudah tidak insomnia lagi, tidur selalu pulas..

waduh saya sering tidur malam, twew bahaya nie

Saya kira insomnia bisa saja menghambat kinerja otak dalam menampilkan memori yang dimilikinya, jujur saja saya termasuk insomnia berat sejak kecil.

Saya suka insomnia nie mba klo tidur
insomnia'a jga suka sma pas jam 00:30

Menurut saya insomnia akan berkurang kalau kita sering olahraga, atau menonton..intinya bikin mata/fisik lelah..otomatis akan cepat tidur..
Salam kenal satriyoku

tips nya mantab nih, cocok untuk insomnia seperti saya

memang kalau yang namanya susah tidur malam, hmmm penyakit paling suka tu mbak, hal itu sebagaimana yang pernah saya alami saat ndak bisa tidur, duh rasanya badan ini hancur lebur, apalagi kosentrasi tidak stabil akibat mengantuk saat bekerja di siang harinya :D

pistingannya bermanfaat sekali ni mbak :)
gara ini sering insomnia ini kali ya... gue sering kalah main catur... :(

pistingannya bermanfaat sekali ni mbak :)
gara-gara sering insomnia ini kali ya... gue sering kalah main catur... :(

Kayaknya aku salah satu yang kena dampak kurangnya konsentrasi deh Mbak. Dikelas kalau kuliah gitu pasti konsentrasi buyar, entah ngantuk atau fokus sama sesuatu yang lain ._. Insomnia bikin berabe juga ya :'

Gue pikunan banget, dan memang tergolong orang yang sulit tidur.. Kalo minum obat penenang sih enak tidurnya. tapi takut juga kalo terlalu sering-sering nanti ginjalnya asalamualailkum :D

@Achmad : Kalau susah tidur minum obat tidur aja :D

@Ilmu : Nah, kalau selesai olahraga kadang suka ngantuk jadi waktu untuk tidurnya lebih awal.

@Budi : untuk itu, kita tidak boleh mempunyai daya ingat yang bank dan insomnia harus di hilangkan dari diri masing-masing

@Jumanto : Harus disembuhkan atuh!

@Jelly gama : Usahakan istirahat lebih awal & tidur yang cukup yaa :)

@Manfaat : Kalau saya untuk mengurangi insomnia itu dengan rajin olahraga hehe

@Nelayan : Ini bukan tips, tapi sekedar sharing tentang 'insomnia' kebetulan ada cara pengobatannya :)

@Ibrahim : Iya betul mas, kalau insomnia yang saya rasakan susah tidur sampe jam 2 pagi eh siangnya malah ga enak badan dan pusing rasanya malas untuk beraktivitas rutin.

@Shodiq : Main caturnya asal jangan sampe malem aja.

@Febri : Mikirin beby kali tuh, eh. (keceplosan). Yah harus konsen dong kalau sudah waktunya kuliah hehe

@Arie : Kalau sudah malam kurangi deh aktivitasnya, dan usahakan untuk tidur lebih awal dan istirahat yang cukup. Atau kalau susah tidur coba pagi atau sorenya olahraga dulu, pasti lebih enak :) semoga bermanfaat :)

Itu dia masalahnya mba, klo mau tidur susah pling bsa tidur klo dah lewat jam 10 malam, dan suka insomnia.

Kalo mengurangi daya ingat kayaknya enggak, deh. Mungkin itu efek sementara karena kurang tidur dan cara kerja otak belum siap karena memang butuh tidur. Soalnya gue sering insomnia, tetapi masih gampang mengingat. Intinya jangan sampe parah insomnianya, kalo parah mungkin iya. Gue sotoy. :D

Kebetulan aku trmsk yg susah tidur n klo malem sering bangun.... tp gak mau ah minum obat..hehee

Katanya sih memang gitu ya.. Karena otak ngga bisa istirahat :(

terasa banget kelelahan waktu siangnya, kadang bawaan pengen tidur pas siang atau pagi tapi jadi nggak enak badan....

Kalau saya mah ndak insomnia tapi emang niat ndak tidur. :D

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon