Jumat, 06 Maret 2015

Faktor Timbulnya Kantung Mata

Mata Panda

Kantung mata atau sering disebut mata panda adalah lingkaran berwarna hitam yang muncull di bawah mata. Munculnya lingkaran hitam karena bengkaknya pada mata yang diakibatkan karena beberapa faktor penyebab. Kulit di area mata memiliki lapisan yang amat tipis dibandingkan area lain pada wajah dan strukturnya yang lebih kompleks. Hal itulah yang menyebabkan kulit di area mata lebih mudah membengkak.

Meskipun bukan kondisi kesehatan yang serius, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dan cara menghilangkannya kantung mata. Ini ada beberapa faktor yang saya ketahui timbulnya kantung mata dan cara mengatasinya, diantaranya sebagai berikut.

Menangis
Menangis dapat menyebabkan timbulnya kantung mata kalau kelamaan mengeluarkan air mata, maka mata kita akan timbul kantung mata. Karena menumpuknya cairan di kelenjar kecil area kelopak mata. Kantung mata akan hilang dengan sendirnya dan coba kompres dengan air dingin supaya lebih cepat kempisnya.

Baca juga: Mata Lelah? Lakukan Trik Mudah

Kurang Tidur
Kurang tidur atau kelelahan akan membuat area mata kita menimbulkan lingkaran hitam atau yang sering disebut mata panda. Cobalah untuk istirahat yang cukup dan apabila pekerjaan Anda sudah beres segeralah untuk beristirahat agar bangun besok pagi tubuh kita terasa fresh kembali.

Usia
Faktor usia juga bisa menimbulkan kantung mata. Karena dengan bertambahnya usia kita, maka kulit yang lembut berada di area mata kita akan semakin tipis dan akan semakin kurang elastisnya.

Baca juga: Lesu saat Bangun Tidur, Coba Tips Sehat

Pola Diet
Terlalu anyak mengasup yodium yang berasal dari makanan dengan penggunaan garam terlalu banyak juga bisa menimbulkan kantung mata. Konsumsi garam berlebihan menyebabkan penumpukan cairan dan itu paling pertama terlihat pada mata yang bengkak.

Cara mengatasinya kita dapat melakukan hal-hal baik untuk mata kita, yaitu dengan minum air putih karena penting untuk menyegarkan kulit dan tampilan. Bungkus es batu di dalam kain, lalu kompreskan dengan ringan dan lembut pda kedua mata. Tidur yang cukup, pijat mata, lalu lembabkan dengan krim mata yang mengandung lidah buaya atau vitamin C.

Semoga bermanfaat :)

13 komentar

Kalau gue yaaa kebanyakan begadang ngerjain tugas.... Hahaha

kantung mata kayak pak SBY itu faktor apa aja mbak wida? hehee

ternyata kurang tidur salah satu faktor timbulnya kantung mata yia, pantesan aja kantong mata Saya mulai timbul, musti diatur ulang nih pola tidurnya, thx yia...

Gue kurang tidur mulu. Kalo udah tidur teratur hilang sendiri, Mbak?

wah ternyata kalau menangis bikin mata jadi layu dan kelihatan kantung mata ya? makasih infonya mbak :)

thanks banget dh buat infonya :)

@Wahyu : Mulia sih, tapi jangan keseringan begadang sih ga baik juga.

@Chelin : Faktor usia (mungkin) *pissss*

@Comtel : Usahakan istirahat yang cukup dan teratur.

@Yoga : Iya kan udah saya bilang dengan cukup istirahat kantung matanya bisa ilang sendiri :)

kalo aku karena kurang tidur, jadinya mataku sembab. palingan aku kompres aja pake kapas dan air hangat.

pantesan kantung mata saya gede banget mbk, kebanyakan menangis. hahaa

Kurang Tidur ternyata menjadi salah satu faktor pemyebab mata terbentuk kantung ya. Hiehiehiheie. Kadang saya harus begadang sampai jam 2 dinihari baru deh tidur. Wah wah ternyata dampaknya nggak baik juga buat kesehatan mata ya,. Hmmmmm

Gak hanya orang tua saja, Tapi anak remaja sekarang juga banyak yang begitu ya mba... jadi kurang Pede kalo keliatan jelas kantung matanya,

@Awak : Segera obati mas :)

@Budi : cengeng banget

@Asep : Malem banget mas istirahatnya, emang cukup tidur 3 jam dan harus bangun jam 5 pagi? hmmm

@Achmad : Iya mas, obati aja segera biar ga semakin kelihatan kantung matanya hehe

nahh, ini, kalo cowok biasanya karna keseringan begadang nonton bola.. pagi2nya udah kayak siluman panda.

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon