Jumat, 20 Februari 2015

Olahraga Yang Baik untuk Seorang Ibu Menyusui

Olahraga Yang Baik untuk Seorang Ibu Menyusui

Wanita yang memberikan ASI diharuskan makan dengan porsi besar setiap hari. Agar berat badan tidak melambung tinggi setelah melahirkan, ada baiknya bila Anda mengimbangi makan dengan berolahrga. Kapan waktu yang tepat untuk olahraga setelah melahirkan?

Sebenarnya dapat dilakukan sedini mungkin, dimana ibu yang setelah melahirkan tidak harus istirahat setiap hari, tapi bisa latihan sesuai kemampuan masing-masing, jangan terlalu berat. Tujuannya menyusui, jangan memikirkan turunkan berat badan dulu karena akan mengurangi produksi ASInya.

Baca juga: [Manfaat Renang untuk Bayi]

Dalam masa nifas atau masa 40 hari setelah melahirkan, Anda sudah bisa melakukan olahraga ringan di rumah, seperti stretching saja atau latihan beban. Setelah melalui masa tersebut untuk memakai buah hati Anda dalam latihan beban. Ajak bayi Anda bermain dengan mengangkat tubuhnya ke atas kemudian turunkan kembali secara perlahan.

Anda harus membuat jadwal latihan yang sesuai setelah melahirkan untuk membantu pembakaran lemak serta pengencangan otot. bila ingin melakukan latihan kardio, jalan saja keliling komplek entah pagi atau soe selama 30 menit.

Setelah melatih otot kaki, Anda bisa lanjut dengan aerobik atau latihan beban. Arahkan latihan pada area dada, baik atas, tengah maupun bawah. Variasikan dengan melatih otot punggung dan pinggang Anda untuk menopang tubuh agar menjadi tegak serta mengurangi tarikan pada payudara.

Baca juga: [Ibu Hamil Perlu Konsumsi Makanan Sehat]

Pakailah beban yang ringan, ta[i repetisinya (gerakan ulang) boleh banyak sekitar 10 hingga 12 kali sesuai kemampuan Anda. Lakukan olahraga secara rutin 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Seminggu 2 sampai 3kali saja, kalau jalan 30 menit, latihan beban juga 30 menit. Hal itu juga termasuk melakukan stretching yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing orang.

Akan tetapi, latihan dengan intensitas yang tinggi dapat merusak produksi ASI. Seperti latihan beban selama 1 jam dengan beban yang terlalu berat, berlali dan melompat, karena bisa menimbulkan gangguan keseimbangan hormon yang menurunkan produksi ASI Anda.

Baca juga: [Fenza Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui]

Selain gangguan hormon, kalau berolahraga high impact dapat mengakibatkan cidera. Cidera terjadi karena Anda masih kelebihan berat badan, adapun hal lain yang bisa mencelakai fisik Anda.

Hal yang lain lagi, misalnya berlari atau melompat akan menyebabkan payudara terguncang, kalau dilakukan dalam waktu yang lama akan terasa nyeri di dada karena berat ada ASI, kemudian dapat menimbulkan luka pada area puting.

Source of wolipop.com

20 komentar

Saya laki2 mbak.. jadi, izin nyimak dulu..

Situs WOLIPOP ini memang yahuud. Banyak informasi dan tips sehat saya dapatkan dengan membaca artikel artikel tema kesehatan di sini Luar biasa mba Ai

@Asep : Wolipop emang tempat informasi yang edukatif menurut aku hehe

sayangnya kalau habis melahirkan biasanya saya disibukkan dengan mengurus baby, sampai terkadang lupa berolahraga, hehe
makasih tipsnya Mbak :)

Penting banget nie untuk diketahui khususnya para ibu yang sedang menyusui olah raga mana yang baik untuk dilakukan seorang ibu menyusui :)

Mbk Ai masih tetep ajj,,
saya hadir lagi mbk Ai,
hihihi.......

Tips yang bagus tapi kayaknya nggak cocok buat ibu yang memiliki bayi dibawah 6 bulan lagi repot-repotnya bisa istirahat cukup saja sudah untung

@Ninik : Berolahraga bisa sekaligus mengajak baby olahraga juga mbak, iya sama-sama :)

@Marnes : Istrinya mas marnes sedang menyusui babynya ngga? hehe

@Fueazd : Tetap apa mas? hehe

@Dwi : Haha iya juga sih mas, kadang bayi yang umur 6 bulan suka rewel minta ASI :D

Nymiak dulu, siapa tahu nanti kalau punya istri bisa disaranin :-D

nyimak aja ni soalnya khusus perempuan ni...tapi bisa juga untuk memberitahu isteri...dirumah

@Daniel : Iya dong pastinya, kan kalau mempunyai istri yang sehat pasti suaminya juga main betah di rumah hehehe

Wah dulu saya malah disuruh bedrest mbak...apalagi mertua percaya mitos dan klenik....ampun deh,,,jadi tertawa waktu lahirin anak pertama dan kedua...

terima kasih banyak mbk informasinya, kebetulan istri saya baru aja melahirkan, sekarang anak saya berumur 5 bulan. Ternyata gak boleh ya kalau langsung lari-lari yang lama, memikirkan penurunan berat badan jg gak boleh? jadi merasa bersalah :(

@Yuni : Tapi melakukan olahraga untuk ibu menyusui ini setelah melahirkan, bisa melakukannya 2 bulan setelah melahirkan olahraga yang ringan-ringan saja mba :)

@Ilmu : Lakukan olahrganya yang ringan-ringan dulu saja semampunya.

We should all get our kids involved in exercise.

artikel dan informasi sangat akurat, subhanallah :) terimakasi mbak sudah berbagi :)

that all right miss, but the only reasonable

Wah, ternyata ada olahraga khususnya.. tapi biasanya ibu ibu tak suka olahraga karena sudah sibuk dengan anak dan pekerjaannya.. ckckk

Nyimak dulu, siapa tau kalau sudah beristri bisa dipraktekin...eh, nggak usah jauh-jauh.... punya pacar dulu saja :v

wah besok dah istri saya tak aksih ilmu ini mbak hehe....

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon