Senin, 16 Februari 2015

Cegah Pengeroposan Tulang dengan Makanan Tinggi Kalsium

Cegah Pengeroposan Tulang dengan Makanan Tinggi Kalsium

Osteoporosis atau pengeroposan tulang adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup sangat efektif, terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal. Minum 2 gelas susu dan tambahan vitamin D setiap hari, bisa meningkatkan kepadatan tulang pada wanita setangah baya yang sebelumnya tidak mendapatkan cukup kalsium. Akan tetapi tablet kalsium dan susu yang dikonsumsi setiap hari akhir-akhir ini menjadi perdebatan sebagai pemicu terjadi osteoporosis. Untuk itu saya sarankan untuk Anda segera mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pencegahan pengeroposan tulang pada saat sudah lanjut usia.

Apa saja jenis makanan yang mengandung tinggi kalsium, simak ulasannya dibawah ini.

1. Susu

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Maka dari itu, susu berfungsi untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

2. Kacang

Mengkonsumsi kacang mitosnya akan muncul jerawat pada area wajah. Tetapi, untuk kali ini kacang mengandung kalsium yang tinggi untuk membantu menguatkan tulang. Maka konsumsilah kacang sebagai bahan cemilan sehat untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian.

3. Sayuran

Sayuran juga mengandung kalsium yang tinggi bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. So, rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi sayuran karena akan membuat tulang kuat sampai lama dan mencegah osteoporosis.

4. Kurma

Jenis buah yang satu ini banyak di gemari oleh setiap orang dan dapat ditemukan di pasar maupun di supermarket terdekat. Buah kurma mengandung mineral tembaga dan magnesium baik untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang kita.

5. Buah yang Mengandung Vitamin C

Ada beberapa jenis buah yang mengandung vitamin c seperti, jeruk, jambu biji, stroberi dan nanas. Vitamin C yang juga diperlukan tubuh untuk menguatkan tulang sehingga akan berfungsi baik juga untuk tulangnya. Apabila Anda sedang mencari suplemen vitamin C kami juga telah menyediakannya disini.

6. Biji-bijian

Jenis makanan ke 6 ini juga mengandung kalsium tinggi seperti, kedelai, polong, kacang merah. Semua jenis biji-bijian tersebut terdapat 200 gram kalsium. So, tunggu apalagi untuk hidup menuju lebih sehat.

7. Telur

Telur adalah sumber berbagai macam mineral yang baik. Yang terdapat mineral dalam telur yaitu magnesium, kalsium, tembaga dan mengan sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang. Telur juga mengandung vitamin D untuk tulang sehat lebih lama, maka konsumsilah telur.

8. Omega 3

Konsumsilah makanan atau suplemen yang mengandung omega 3. Karena bisa membantu mencegah penyakit tulang kronis seperti rematik, radang sendi dan osteoporosis. Omega 3 bisa didapat dari minyak ikan, dan biji labu kuning. Kami juga telah menyediakan suplemen Calcium D yang dapat membantu mencegah dan mengobati kerusakan pada tulang. Untuk info Calcium D lebih lanjut bisa klik disini.

9. Ikan

Jenis makanan yang terakhir ini ikan tentunya juga memiliki kandungan kalsium dan mineral yang tinggi. Ikan yang mengandung kalsium dan mineral diantaranya seperti salmon, tuna, sarden dan mackerel.

13 komentar

Perlu lebih banyak kalsium untuk membantu menjaga kekuatan tulang........akan di pertimbangkan ya

tuhkan ternyata kacang itu bukan hanya untuk menumbuhkan jerawat tapi juga mampu untuk memadatkan tulang,paling tidak bisa meminimalisir terjadinya pengeroposan pada tulang,,,,,karacang kacang mangga kacangna Neng,,,,,,,,,

ternyata kurma tinggi kalsium tow,,,

Nggak perlu nyari jauh-jauh ternyata dengan mengkonsumsi makanan bergizi terutama 4 sehat 5 sempurna sebenarnya sudah terkandung kalsium

itu kurmanya yang jarang, lain sudah tampak sering

banyak juga ya mbak , makanan yang tinggi kalsium. Wah kayanya makanan diatas harus segera saya terapkan, agar tulang saya nantinya tidak keropos :D, oke mksih infonya mbak Ai Wida :D

@Daniel : Silahkan mas :)

@Dede : Nah itu dia kang, aku beli 2rb aja iya hehe

@Dwi : Iya betul mas, semoga dengan mengkonsumsi makanan tersebut akan semakin sehat :)

@Imerlina : Susah dicari? Pergi ke arab aja terus disana beli kurma yang banyak iya hehe

@Hary : Harus segera dong biar tulangnya tetap terjaga dan jangan lupa untuk konsumsi suplemen calcium D nya :D

Kalsium penting banget buat tubuh.. Bahan makanan yang mengandung kalsium pun ngga payah dicarik ya, Wid.. :D

kalo saya malah ga diperbolehkan makan telur sama ahli tulang nya..

@Beby : Iya beb, sangat-sangat gampang sekali :)

@Hendri : Mungkin akan ada efek sampingnya ke tulang pak hendri hehehe

@Wahab : Jangan minum susu aja, gampang!

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon