Rabu, 29 Oktober 2014

Akibat Terlalu Sering Mencatok Rambut Menjadi Rusak


Mencatok rambut memang bisa menjadi solusi instan untuk membuat rambut lebih rapi dan lurus. Meski setelah mencatok rambut menjadi lurus berkilau, namun efek tersebut hanyalah kamuflase karena sebenarnya kondisi rambut menjadi tidak sehat.

Beberapa dermatologi menjelaskan apa yang terjadi dengan rambut bila terlalu sering terpapr panas dari alat catok. Para dokter handal di bidang kesehatan rambut dan kulit kepala itu juga memberikan saran untuk mencegah kerusakan rambut.

1. Rambut Terbakar

Sama seperti kulit, rambut juga bisa terbakar. Bila Anda menemui rambut berubah warna jadi kuning, terutama di bagian bawah rambut itu menjadi tanda bahwa rambut Anda terbakar. Struktur rambut yang sehat memiliki pori-pori, air dan udara yang masuk ke medulla sehingga memancarkan kilauan rambut dari dalam. Cara terbaik mengatasi kerusakan rambut akibat sering mencatok adalah dengan memangkasnya. Pastikan ketika rambut baru sudah tumbuh, sebaiknya jangan terlalu sering terpapar dengan alat styling.

2. Rontok

Jangan mengabaikan rambut rusak karena jaringan di folikel yang sudah terlanjur rusak akan sulit disembuhkan. Bahkan rambut yang rusak karena alat catok, hair dryer dan produk styling seperti hair spray dapat memicu rambut jadi rontok dan sulit untuk tumbuh kembali.

3. Rambut Kering

Alat catok panas akan menyerap kelembaban yang memicu rambut jadi kering. Untuk menghindari rambut jadi sangat kering dan kusam, ahli rambut dan kulit kepala Elizabeth Cunnane Philip menyarankan untuk memilih alat catok yang tepat, alat catok terbaik adalah dilapisi dengan teflon. Dan jangan lupa untuk melindungi rambut dengan vitamin atau serum sebelum dan sesudah mencatok rambut.

Baca juga: Cara Menangani Keluhan pada Rambut

4. Rambut Semakin Rusak Bila Dicatok Saat Basah

Untuk tidak mencatok ketika rambut masih basah. Rambut yang masih basah kemudian terpapar panas akan memicu rambut jadi patah dan pecah-pecah. Jadi pasikan sebelum mencatok, rambut Anda sudah benar-benar kering untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

11 komentar

Kalo buat sesekali aja sih ndak ngapa ya mbak. Asal jgn keseringan hehe

ngeri juga ya kalau keseringan mencatok rambut

untung saya selalu potongan gundul hehe, pagi mbak wida maff ye lama ga bales kunjungan lagi sibuk belajar bikin blog baru belum selesai selesai sampai blog lama ga kerawat nih, tapi yang jelas semoga mbak wida tambah sukses deh. Aamiin. Yuli Gundul ( Blog e Raden Mas Yuli )

wah keseringan mencatok bisa membuat rambut jadi rusak ya, berarti kalo gitu jangan keseringan catokan atuh :)

Kalo Mas Yuli mah dah ketauan dari namanya aja ada gundul-gundulnya gituh sih :D

Waduh sampai terbakar segala rambutnya, jangan jangan karena rusak catoknya hingga tak terkontrol temperaturnya

Iya mbak, kalau keseringan banget mah nanti rambutnya bisa patah dan bercabang :)

Tapi kalau teratur pemakaiannya ga bakalan ngeri mbak :D

@Mas Yuli : Oh pantesan ngga ada lagi berkunjung ke blog aku ternyata itu lho alesannya hehe. Amiiiin mas mudah-mudahan mohon do'anya aja yaa :) mas yuli juga semoga blog barunya cepet selesai trs bisa blogwalking lagi hehe

Iya asal jangan keseringan aja terus kalau tidak mau cepet rusak pakai vitamin untuk rambut aja seperti mengkonsumsi suplemen Nat B :)

Mungkin mas, akibat terlalu panas alat catoknya juga hehe

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon