Selasa, 14 Oktober 2014

Ini Penyebab Wanita Telat Menstruasi

Ini Penyebab Wanita Telat Menstruasi

Telat menstruasi tak selalu karena Anda hamil. Terlambat haid atau siklus yang tak teratur bisa dialami semua perempuan, termasuk yang belum menikah. Menurut para ahli, ada banyak alasan mengapa perempuan telat menstruasi. Dalam istilah medis, periode yang terlewati dikenal dengan amenore.

Wanita tak dianggap mengalami amenore sekunder hingga ia melewati tiga kali menstruasi berturut-turut. Nmaun, penyebab amenore sekunder umumnya sama dengan menstruasi yang lompat-lompat. Apabila perempuan sudah aktif seksual sebelum menikah, tapi test kehamilan menunjukkan negatif ada alasan lain kenapa Anda tak kunjung menstruasi. Sebenarnya, kondisi fisik dan emosional bisa mengganggu siklus menstruasi. Berikut beberapa alasan mengapa wanita terlambat menstruasi.

1. Stres
Stres menjadi ancaman diam dan salah satu penyebab banyaknya penyakit yang memengaruhi tubuh Anda. Jika Anda mengalami stres emosional, Anda bisa melewatkan menstruasi karena gangguan siklus hormonal.

2. Kegemukan
Apabila berat badan Anda lebih dari 92 kg, Anda dianggap obesitas. Anda pun bisa menjadi korban menstruasi yang tak teratur dan menstruasi terlambat.

3. Kekurusan
Anda yang mengalami gangguan makan bisa menyebabkan organ vital tubuh tak berfungsi dengan baik sehingga ini bisa menjadi alasan Anda terlambat menstruasi.

4. Terlalu banyak olahraga
Terlalu banyak olahraga bisa menjadi masalah kesehatan. Ketika Anda mengekspose tubuh Anda dengan latihan yang berlebihan, ini memengaruhi kesehatan fisik Anda. Alasan inilah yang bisa membuat menstruasi Anda terlambat.

5. Tubuh tidak fit
Sakit menjadi salah satu alasan Anda terlambat haid. Ketika tingkat kekebalan tubuh Anda turun, Anda tidak akan mengalami ovulasi dan inilah yang menyebabkan haid tertunda.

6. Thyroid
Ini adalah masalah yang cukup umum dialami perempuan yakni gangguan tiroid sehingga memengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Apapun yang mengganggu normlanya ovulasi bisa menyebabkan menstruasi terlambat.

7. Obat-obatan
Apakah Anda minum obat-obatan secara teratur, karena ini bisa menyebabkan terlambatnya haid. Disisi lain, ada beberapa obat yang memengaruhi tubuh termasuk siklus haid.

8. Salah perhitungan
Siklus menstruasi bervariasi dari satu perempuan ke perempuan lain. Siklus menstruasi rata-rata selama 28 hari. Tapi, untuk beberapa perempuan adalah 30 hari atau lebih dengan demikian ini menjadi alasan haid Anda terlambat.

5 komentar

Langsung disimak biar nanti bisa jelasin ke istri ah...

Salam dari Pulau Dollar

Oke langsung disimak biar bisa jelasin pada istri kalo nanti ditanya hehe

Salam dari Pulau Dollar

apakah itu bisa dibilang sebuah penyakit atau hanya hal yang biasa?

Boleh dan silahkan mas :)
Salam kembali dari kota tasik

Ada yang bilang itu penyakit dan ada juga hal biasa bagi wanita

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon