Jumat, 22 Mei 2015

Macam-macam Jenis Teh dan Manfaatnya


Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellian sinensis dengan air panas. Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Di negara seperti China, Thailand dan Jepang, teh menjadi minuman sehari-hari bagi para penduduknya. Tiap jenis teh memiliki manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, teh hijau yang dapat melangsingkan dan teh chamomile berguna untuk mengurangi stress. Namun tidak hanya dua jenis teh itu saja yang memiliki dampak positif. Berikut adalah macam-macam jenis teh dan mafaatnya.

1. Teh Hibiscus
Karena terbuat dari bunga membuat teh hibiscus berbeda dengan teh-teh pada umumnya. Teh ini diklaim dapat mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol dan mengurangi penyerapan gula dalam darah.

2. Teh Peppermint
Teh dari tumbuhan Pudina atau yang biasa dikenal dengan pepermint ini adalah sejenis teh herbal untuk mengobati sakit perut. Pengujian secara klinis telah membuktikan bahwa teh peppermint dapat menimbulkan dapat menimbulkan efek relaksasi pada pencernaan. Minyak dari peppermint selain dapat digunakan sebagai antioksidan, juga dapat membentuk kekebalan tubuh yang berguna bagi penderita kanker.

3. Teh Chamomile
Chamomile yang dapat tubuh secara liar ini memiliki banyak kegunaan, seperti dapat membuat diri lebih santai dan menenangkan Anda. Selain itu teh chamomile sangat berguna bagi wanita karena dapat mengurangi kram pada saat menstruasi dan menyembuhkan flu. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan asam amino untuk meringankan kejang otot serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Teh Oolong
Teh hasil fermentasi ini sangat terkenal akan khasiatnya menurunkan berat badan. Selain itu teh oolong juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, mengurangi tekanan darah, mecegah kerusakan gigi dan baik untuk kulit karena mengandung banyak antioksidan. Para penderita penyakit jantung dan diabetes sangat dianjurkan untuk meminum teh oolong secara teratur.

5. Teh Rooibos
Mungkin nama teh ini jarang terdengar, tetapi manfaatnya hampir sama dengan jenis teh lainnya. Teh rooibos dapat memperlambat penuaan, membangun kekebalan, merelaksasi otot, mengurangi kram, mengurangi stres dan juga sangat baik untuk penyakit kulit. Namun selain itu, Rooibos merupakan sumber kalsium sehingga dapat memperkuat tulang Anda.

6. Teh Matcha
Para biksu di Jepang biasa mengkonsumsi salah satu jenis ocha ini, untuk bersantai. Tetapi tidak hanya itu saja, banyak orang percaya teh ini mengandung antioksidan yang tinggi, sebanding dengan dark chocolate. Matcha juga dipercaya dapat melawan karsinogen atau penyebab kanker, mengurangi kolesterol, menurunkan berat badan dan juga agen detoksifikasi yang kaya akan serat.

7. Teh Parsley
Berasal dari bahan parsley atau yang biasa disebut peterseli atau daun sup ini memiliki antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karena itu, peterseli dapat mengurangi radikal bebas sehingga kulit terlihat lebih awet muda dan mengurangi peradangan pada sendi. Tetapi belum diketahui berapa banyak yang harus Anda konsumsi untuk mengurangi radikal bebas dan peradangan pada sendi.

Sumber wolipop.com

16 komentar

teh oolong itu enak sekali....hehehe

Minuman favorit nih, teh... kalau istri sukanya kopi. beda jauh yak...

Apapun jenis teh nya, aku tetap suka teh manis yang pakai gula hehehee.. Nyari teh Oolong di Giant Carrefour gitu gak ada ya..

http://beautyasti1.blogspot.com

ternyata banyak juga ya jenis teh dan masing-masing sudah ada khasiatnya. kayaknya dari sekarang harus sering mengkonsumsi teh biar tambah sehat dan bugar. ok makasih atas ilmu dan pencarahannya. salam sahabat blogger.

Hmm aku belum pernah nyobain sih tapi pengen nyoba :D

Kebalik tuh, kan biasanya cowoknya suka kopi ceweknya suka teh :D

Coba cari di tempat lain mba hehehe

Kalok aku sukaknya teh apel sama teh bunga krisan :D

enak2 tehnya, saya mau nyoba juga dong mbk.hehe

Banyak juga jenisnya ya. Saya mah asal minum teh celup aja, nggak apa-apa kan?? Biasa tiap pagi nih minum tehnya...

Terserah mas hendra aja tidak memaksakan juga ko :) hehehe

Aku suka nge-teh sama ngopi, tapi nama-nama teh aja aku gak tau. Jujur saja, nama-nama teh yang di sebutkan di atas masih asing buat saya.

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon